Pages

Labels

Jumat, 03 Agustus 2012

Wisata di Daerah Poso


-> Goa Tangkaboba (Latea)
Goa ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan Jenazah raja / bangsawan suku Pamona dan keluarganya. Pada mulut goa sampai sekarang dapat ditemui Kerenda / Peti mati sebagai bukti peninggalan sejarah. Goa Tangkaboba terletak di Kelurahan Sangele, 63 KM dari Kota Poso dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat
Gua Latea (Kel.Sangele)

-> Goa Pamona
Tempat menyimpan mayat bagi Suku Pamona yang sudah berumur ratusan tahun. Goa ini terletak tepet di pinggiran Danao Poso. yang menjadi keunikan dari Goa Pamona ini adalah, bahwa air danau tidak dapat masuk kedalam goa. Terletak 63 KM dari Kota Poso dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat.
Gua Pamona (Pamona)

-> Taman Anggrek Bancea
Luas taman ini 5.000 Ha, dapat ditemukan berbagai jenis anggrek alam khususnya anggrek Hitam (black orchid) dan didalam taman ini banyak ditumbuhi Pinus sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Udara di taman ini juga sejuk karena merupakan kawasan dari Danau Poso. Untuk mencapai taman ini dapat menggunakan mobil dan motor danau, letaknya 40 Km sebelah selatan dari Kota Tentena.
Taman Anggrek Bancea (Desa Bancea)

-> Air Tejun Sulewana
Sumber Air Luncur Sulewana berasal dari dari Danau Poso. Jaraknya sekitar 12 Km dari Kota Tentena dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat / dua. Air Luncur Sulewana terkenal karena alirannya sangat deras. Derasnya aliran air dapat di dengar dari jarak 500 meter. Sebuah penelitian mengeluarkan rekomendasi bahwa Air Luncur Sulewana dapat dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik. Daya listrik yang dihasilkan dapat mencapai 800 megawatt dan dapat melayani kebutuhan energi listrik seluruh Pulau Sulawesi
Air LuncurSulewana (Desa Sulewana)

-> Air Terjun Saluopa
Keunikan Air Luncur Saluopa ini terdiri dari 12 tingkat, air yang mengalir sangat jernih dan sejuk dimana setiap pengunjung dapat naik sampai ketingkat teratas karena tidak berlumut dibawah derasnya air. Disekitar air luncur ini terdapat hutan tropis sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Jarak air luncur Saluopa 12 Km sebelah barat dari Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.
Air Terjun Saluopa (Desa Tonusu)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About